Ransomware WannaCry

Ransomware WannaCry

Ransomware WannaCry
Sabtu, 20 Mei 2017
Gambar dari sini klik
Sedikit bercerita tentang malware paling hits minggu ini adalah Ransomware WannaCry. Beberapa minggu yang lalu, Indonesia khususnya dan umumnya negara lain mendapatkan serangan dari malware ini. Dua rumah sakit di Indonesia yaitu RS Dharmais dan RS Harapan Kita adalah korban pertama dari malware Ransomware WannaCry ini, akibat pemberitaan media online yang luar biasa tentang virus ini ada akibat buruk buat hari saya sebagai IT Support di salah satu Instansi Pemerintahan. Hari Sabtu dan Minggu yang seharusnya hari libur bagi saya, menjadi hari kerja dari hari Sabtu atasan saya sudah menyuruh ke kantor untuk memastikan kantor kami tidak terkena malware Ransomware WannaCry, pada hari Minggu saya kembali harus datang ke kantor untuk mematikan modem internet di kantor. Grup WA (WhatsApp) saya juga tidak luput dari berita tentang virus Ransomware mulai dari cara penanggulangan malware ini dan cara penanganan komputer jika sudah terinfeksi.

Setelah berjalan satu minggu sampai hari ini, alhamdulilah kantor saya tidak ada yang terinfeksi dari malware Ransomware WannaCry. Cara penanganan virus ini sendiri setelah saya lakukan dalam satu minggu ini adalah :

Pertama yang harus dilakukan seorang IT Support untuk menangani malware ini adalah MEMATIKAN JARINGAN INTERNET bisa dari modem indihome atau yang lainnya dimatikan.

Kedua setelah internet mati adalah BACKUP DATA penting yang ada di komputer, hal ini karena menurut kabar yang beredar jika komputer terinfeksi malware ini maka semua data akan dienkripsi dan tidak bisa dikembalikan.

Ketiga setelah semua komputer dilakukan BACKUP DATA maka aktifkan kembali internet.

Keempat UPDATE ANTIVIRUS yang di setiap komputer sampai tanggal terbaru.

Kelima atau yang terakhir adalah UPDATE PACTH SECURITY WINDOWS sesuai dengan versi windows masing - masing.

Kelima hal diatas adalah langkah - langka yang saya lakukan untuk bisa menanggulangi malware Ransomware WannaCry. Semoga bisa menjadi acuan untuk terhindar dari malware Ransomware WannaCry.

Selamat Berlibur, Kawan - Kawan IT Support

Sumber :